Khasiat Sambiloto untuk Kesehatan

Tanman semak yang banyak cabangnya dan dapat mencapai tinggi hingga 90 cm ini bentuk daunnya kecil-kecil berwarna hijau tua. mengandung minyak atsiri yang bermanfaat bagi antiradang, daun sambiloto dapat mencegah terjadinya penggumpulan darah. kadar kaliumnya yang tinggi membantu tubuh mengelurakan air dan garam sehingga menurukan tekanan darah. sambiloto pun terbukti mampu meningkatakan pertahanan tubuh terhadap infeksi, selain sifat antibiotiknya yang dapat membantu menyembuhkan luka akibat kanker. berdasrkan penelitian praklinis, ekstrak sambiloto bermanfaat sebagai antitumor dan dapat menghancurkan inti sel kanker, terutama kanker prostat.

Oleh karena itu, sambiloto telah lama digunakan orang sebagai obat hipatitis, diabetes, radang usus buntu, tifus,keracunan,luka gigitan  serangga, demam akibat gigitan serangga, batuk dan tentunya kanker prostat.


Sambiloto ( andrigraphis paniculata ) ini berbagai daerah di indonesia dikenal dengan banyak sebutan. mulai dari sampiroto, sadilata, bidara, takila, daun ki  ular, ki oray, ki peurat, hingga pada melayu  masyarakat dan sekitar sumatra dikenal dengan nama papaita. karena melimpahnya manfaat yang di kandung tanaman sambiloto ini, orang kemudian menyimpan daun, batang, akar dan daun sambiloto yang dikeringkan dapat disimpan dalam waktu lama.

Postingan terkait: