Khasiat Kencur untuk Kesehatan

Kencur ( keamferia galanga ) merupakan tumbuhan yang hubungan kekerabatannya masih dekat dengan jahe ( zingiber officinale ),kunyit ( curcuma domestica ), dan laos ( alpinia galanga ); mengingat keempatnnyamerupakan anggota dari suku zingiberaceae. kencur banyak dipelihara di perkarangan maupun di kebun-kebun. penanaman di perkarangan selain bermanfaat untuk apotik hidup atau bahan obat-obatan, juga dapat dipandang sebagai hisan karena buanganya yang indah.

Cara penggunaannya:

1. Daun kecur yang masih segar, digiling halus, diletakkan di kepala untuk menyembuhkan sakit kepala ( obat kompres  pada anggota badan yang bengkak )

2. Ambil sepotong kencur kira-kira sebesar ibu jari, lalu dikunyah bersama garam dapatmenyembuhkan gatal pada tenggorokan.

3. Sepotong rimpang diparut, diberi air masak lalu diremas dan airnya diminum sebgai obat kembung dan rara mual dalam perut.

4. Rimpang ditambah  dengan tepung beras giling, disaring dan airnya dapat diminum sebagai obat masuk angin, pegal, dan lain-lain penyakit ringan ( obat gosok pada bengkak dan encok ).

Obat meningkatkan gairah s..ks  ( aprodisiak)

Ambil dua rimpang jahe merah ditambah tiga sampai empat gram bubuk merica hitam, rebus dengan air epat gelas, jadikan tiga gelas, minum tiga kali sehari, masing-masing segelas setelah di tambah dua sendok makan madu.

Postingan terkait: